Sabtu, 10 Agustus 2013

[Review] SHINee - The 3rd Album 'The Misconceptions Of Us'

Yahh, gue ngerasa rada pusing karena keinginan gue buat ngereview MV harus di tunda dulu. Gimana mau nge review'in kalo nonton MV yang mau di review aja jarang, megang laptop aja jarang.. eh bukan jarang sih lebih tepatnya gak ada yang bisa di pegang. ini aja gue nebeng online-___- bisa sih sebenernya sekarang gue download MVnya terus di review, tapi koneksi gak mendukung, ini aja gue ngandelin pake wifi hp yang kecepatannya... ah sudahlah. bersyukur aja. Dan salah satu jalan pintas buat ngeluarin pendapat gue adalah nge-review'in album.
dan jujur, ini pertama kalinya gue nge-review'in sebuah album, biasanya gue lebih tertarik buat ngereview'in MV tapi kali ini gue mau yang beda~ dan kali ini yang kena sasaran buat di review adalah album repackage dari SHINee~. 
kenapa gue ngereview'in yang repackage? soalnya album repackage itu menurut gue bisa di bilang 'puncak' dari semua lagu-lagu di album itu, di album repackage ini ada lagu-lagu dari album utama dan ada juga beberapa lagu tambahan. karena lengkapnya itu, gue milih buat ngereviewin yang ini, dari pada gue ngereview'in satu-satu.. nanggung banget. haha.

Alasan kenapa gue nge-review'in albumnya SHINee itu juga simple, cuma karena gue suka sama musik dari SHINee. Gue ngerasa mereka emang di buat konsisten sama jenis musiknya. itu aja. Berhubung juga SHINee baru-baru aja nguarin album repackage ini mangkannya gue pilih deh buat review'in mereka.
Oke ini saatnya buat ngebahas album kece ini, oh ya postingan ini lumayan panjang jadi siapin cemilan kalo gak mau bosen. hehe.

Konsep buat full album ke-3 mereka ini cukup beda dari yang lain. Dengan membagi album itu jadi 2 bagian. Di awal mereka nguarin setengah dari album mereka, judulnya: Dream Girl - The misconceptions of you. Kemudian mereka nguarin lagi setengah album itu dengan judul: Why So Serious -The misconceptions of me. eh gue ngereview mvnya lho. coba cek deh di sini~.
nahh, masing-masing chapter punya cerita berbeda. Di chapter pertama / Dream Girl menurut gue mereka berkonsepkan tentang kegilaan cinta gitu deh. mulai dari mimpiin cewe idaman, mabuk cinta, bingung sama cewe, sampe cowo yang suka sama cewe tapi gak berani buat ngungkapin.
Sedangkan yang chapter kedua / Why So Serious berkonsepkan tentang dunia gelap dan kisah cinta tapi dalam versi lebih ke kegelapan(?) ya maksudnya lagunya intinya sama yaitu cinta tapi di sini di kemas dengan sudut pandang dunia yang gelap contohnya zombie di lagu why so serious.
dan di album repackage ini, mereka nambahkan 2 lagu ballad. total lagu yang ada di album repackage ini ada 20 lagu. cukup puas buat bikin mabok dengan alunan suara mereka. haha. 
nah, buat desain covernya sendiri gue rasa covernya benar-benar aneh ._. sama kayak judul albumnya. nih covernya:
cukup aneh tapi keren~
mungkin expresi orang di cover album ini bermaksud mewakilkan expresi saat kita misconceptions/miss understanding. kan biasanya kalo kita miss understanding muka kita langsung bingung-bingung kesel gitu deh kayak yang di cover. terus kenapa warna-warni karena album ini juga punya macem-macem lagu jadinya, warna itu di buat ngewakilin kalo lagu di album ini ada banyak jenisnya.. kalo enggak sih, mungkin warna-warni ini ngewakilin kegilaan yang muncul gara-gara cinta gitu deh.
oke ini ngawur banget. dari pada bahas yang gak jelas, kita bahas lagu-lagunya aja yuk~~

1. Spoiler: lagu ini merupakan lagu yang ada di list pertama di album ini. waktu pertama kali dengerin lagu ini gue sempet kekecoh, gue kira ini sherlock. abis intronya mirip sih-___- Lagu ini liriknya di tulis oleh Jonghyun, dan lagu ini merupakan 'rangkuman' dari semua lagu yang ada di album ini, liriknya pun mengandung judul-judul dari lagu di album ini.

2. Dream Girl: merupakan lagu yang di pilih buat promosi di chapter 1. lagunya cukup unik dan ini merupakan salah satu lagu fav gue. Lagu ini sempat juga kena isu kalo lagu ini merupakan lagu jiplakan dari lagu meksiko. tapi akhirnya kabar itu di bantah oleh penulis lagunya. lagu ini di tulis oleh jun Gan-di dan Minho buat bagian rappnya. dan ada 6 orang yang ngurusin soal musiknya. paling banyak pokoknya di chapter 1. Dan gak sia-sia banget kerja 6 orang itu, mereka berhasil bikin gue 'klepak-klepek' dan ngehipnotis gue buat muter lagu ini sampe kedengeran aneh gitu deh.
part yang gue suka dari lagu ini itu yang ini:
[Jonghyun] Jamkkanman meomchwoseo igeon kkumi aninde
[Minho] Nunbusin geu miso igeon nega hwaksilhae
[Key] Simjangi nal sikyeo mollae neoreul ttaraga
Gue suka banget cara jonghyun ngepatah-patahin nyanyinya, gue suka cara minho bawainnya, gue key bawain part itu dengan cepat, jadi berkesan kaya rapp gitu deh.
Selain itu di lagu ini, kemampuan vokal taemin semakin keliatan. Dia udah mulai sering bawain nada-nada tinggi yang biasanya di bawain sama jonghyun/onew.
3.히치하이킹/Hitchhiking:lagu ketiga dari album ini salah satu lagu yang gue suka tapi gak terlalu. Lagu ini punya efek samping bikin orang bawaannya pengen joget gara-gara beatnya. Apalagi pas bagian rappnya minho yang lumayan cepet, bikin semangat membara gitu deh haha. well, gue kok ngerasa reffnya agak-agak mirip gitu deh sama reffnya sherlock.. tapi perasaan gue aja apa emang iya?.-.

4. Punch Drunk Love: "KAMPRET! INI LAGU APA'AN! ENAK BANGET BEATNYA!" itu kata-kata yang keluar di pikiran gue pas pertama kali dengerin lagu ini. Dan gue rasa ini lagu emang shinee banget~. gue suka pokoknya sama lagu ini. Inti dari lagu ini itu tentang cowo yang jatuh cinta gitu, sesuai lah sama judulnya yang berarti pukulan mabok cinta haha.
dan part yang gue suka dari lagu ini itu:
[Key/Minho] Amuri sseureojyeodo naneun joa
Naneun gyesok negae jabeul nalryeo joa

Eonjega dwelji ajik moreujimahn
Neodo eonjenga gyeolguk naegae han beon sseureojigae dwel geol

oke, gue sih fellingnya itu partnya key karena suaranya suara ala key._. bukan suara berat minho. Tapi gue kok gak ngerti kenapa di tulis 'key/minho' ._.
ya sudah lah, gak usah di debatin cukup shinee, dan tuhan yang tau. dan alasan gue kenapa suka part itu adalah cara bawain yang cepet, ya walaupun di lagu berkesan kayak orang kebelet eeq tapi bodo amat. gue suka kok week. haha

5. Girls, Girls, Girls: lagu yang berisikan curhatan cowo tentang cewe ini, juga salah satu lagu fav gue. walaupun durasinya cuma 02:46. Lagu ini liriknya di tulis Jun Gan-di, Minho, dan juga Key.. pas gue baca translate lagu ini kok kesannya ini lagu jadi curhatannya si taemin yang bingung sama cewe terus para hyung-hyungnya nyoba ngejelasin tentang cewe.. gue kasih potongan reffnya aja ya~ buat full lagu ya cari sendiri di google^^. coba di lihat:
[All] Girls, girls, girls
[Taemin] They’re too difficult for me

[All] Girls, girls, girls
[Taemin] I seriously don’t know a thing
[All] We’ll tell you about girls
[Taemin] I don’t trust you at all
There’s so much I want to know
Girls are too difficult for me

tuh kan.. taemin terus yang jawab. mungkin lagu ini merupakan curhatan terselubung taemin sebagai magnae polos yang gak ngerti cinta... apalagi dia juga ikutan we got married. dan menurut tanggal, album ini keluar duluan sebelum episode pertama WGM si taemin. fix banget lagu ini jadi lagu 'kehebohan' magnae polos ini.. #mbohdis #sakkarepmuwes
6. 방백/Aside: Lagu ini bisa di bilang 'super sekali'. gue suka sama musik beat dan cara penyanyian yang agak-agak melow. oke ini komentar orang yang gak tau tentang genre musik jadi. maap kalo salah._.
back to our topic, lagu ini bercerita tentang cinta (lagi). awalnya gue ga tertarik sama lagu ini, tapi pas nonton SHINee ngebawain lagu ini live di comeback show mereka. langsung gue suka sama lagu ini... AH UDAH LAH. POKOKNYA GUE SUKA BANGET SAMA LAGU INI DEMI APAPUN...

7.아름다워/Beautiful: Salah satu lagu andalan juga di chapter 1, gue suka juga sama lagu ini tapi masih gak ngalahin sukanya gue ke lagu Aside. lagu ini di tulis sama Cha Yong-un dan Minho. 1 hal yang bikin gue keinget sama lagu ini itu pas teriak 'Areumdaweo' di bagian reff. serius, kata itu keputer terus di kepala gue. haha. Awalnya sih gue ga seberapa suka lagu ini, tapi pas liat di nyanyiin live sama shinee kok gue jadi suka........

8. 다이너마이트/Dynamite: lagu yang emang paling nge-beat ini di susun musiknya oleh Hitchhiker. Orang juga ikut berperan dalam menyusun musik buat lagu Hitchhiking. gue rasa alasan kenapa Hitchhiker ngasih judul Dynamite ke lagu ini itu karena lagunya beatnya MELEDAK LEDAAKKK...
well, Buat lagu ini, gue ga terlalu banyak komen soalnya emang gue ga seberapa demen lagu ini. hehe

9. Runaway: ini adalah lagu terakhir di chapter 1. lagu ini berintikan buat ngajak kita selalu bersenang-senang gitu deh, pokoknya jangan nge-stuck di 1 hal aja. kita harus berimajinasi. well, karena gue juga ga seberapa demen lagu ini. ya sudah lah.

10. 너와 나의 거리/Selene 6.23: dan... ini diaa.. lagu dari repackage mereka. lagu ballad ini di ciptain sama jonghyun sendiri. gue suka banget sama penghayatan mereka di lagu ini. dan setelah gue cari liriknya... liriknya JLEB ABIS MASA..... apa lagi pas bagian reff:

If I stretch out my hand

If I stretch out with all my strength, I still can’t reach you
It feels like we’re closer, so I call for you in excitement
But there’s no answer, I don’t think I’ll ever reach you


sama yang ini juga:

Even if you make fun of me, saying it’s stupid
You can’t change these feelings

jleb banget.. kampret aja sih ini jonghyun sukses bikin galau gue. selain liriknya yang jleb dan penghayatan, musik buatan Yiruma, 2Face, Kim taesung juga bikin lagu ini berasa mellow banget, padahal 2face itu artis hiphop di nigeria. ya pokoknya sukses besar mereka! gue suka banget sama lagu ballad ini!
11. Nightmare: intro dari lagu ini nyanyinya kayak baca mantra gitu, padahal arti dari intronya itu nyuruh di dream girl itu dateng ke dia. inti dari lagu ini, mereka itu bilang kalo dream girl itu kayak nightmare. berbahaya banget pokoknya, nah si cowo ini suka sama tuh cewe tapi si cewe gak tau. jadinya si cowo ini kayak tertekan gitu deh. dan sekali lagi si Hitchhiker yang menciptakan lagu ini. jadinya lagu ini ngebeat gitu deh. gue suka sama instrumentalnya, ngegambarin kalo mereka emang tertekan banget.

12. Why So Serious: lagu ini adalah lagu andelan buat promosi chapter ke 2. sempet ngadepin bash dari VIP karena judulnya mirip kayak potongan lirik di lagu milih G-Dragon yang judulnya Crayon. Gue suka sih sama lagu ini soalnya.....................gak tau juga. pokoknya gue suka-__-v
selain dream girl yang jadi pembuktian kalo kemampuan vokal taemin meningkat, lagu ini juga bisa di jadikan bukti. karena jonghyun mengalami kecelakaan dan hidungnya retak, dia terpaksa gak bisa ikut promosi'in lagu ini. dan jadi lah taemin yang ngisi part jonghyun. dan terbukti taemin bisa ngebawain nada tinggi di why so serious dengan baik^^. Lagu ini bercerita tentang zombie yang jatuh cinta pada manusia gitu deh. Seperti yang gue bilang di awal, mereka ngemas lagu dengan sudut pandang kegelapan..

13. SHINe (Medusa I): Salah satu lagu fav gue gara-gara sempat mereka bawain live.. gue suka sama intro yang bikin lagu ini terkesan serem. inti dari lagu ini, yang gue tangkep sih, mereka bercerita tentang cewe yang bersinar gitu deh. nah karena shinee di sini di buat seakan-akan makhluk kegelapan, mereka ga bisa kena cahaya dong ya nah biarpun mereka ga bisa dia akan berjuang buat deketin si cewe, selain itu si cowo juga bakalan ngelakuin apa aja buat ngelindungin si cewe, biar apapun yang terjadi. itu sih yang gue tangkep. oh ya lirik rappnya di ciptain Minho juga lho

14. 오르골/Orgel: lagu yang menurut gue musiknya cukup lucu ini, sempet bikin gue ngira gue lagi dengerin backsound di game Plants vs Zombie. oke gue ngaco ._. nah lagu ini juga punya nama lain: Music box. mungkin maksudnya music box di film-film jadul itu kali ya. yang di kotak terus kalo di buka muncul orang terus orangnya muter-muter itu lho. ya itu lah pokoknya. Nah, inti dari lirik lagu ini gue masih belom mudeng nih. buat yang mudeng tolong kasih tau ya ( '-')/
15. Dangerous (Medusa II): nama lain dari lagu ini semacam jadi lanjutan dari lagu SHINe yang punya nama lain Medusa I. Medusa sendiri merupakan mitologi dari yunani. ia adalah dewi yang mempunyai rambut berupa ular. Mungkin alasan kenapa lagu ini di namai medusa adalah karena mereka menganggap cewe yang mereka sukai itu seperti medusa, tapi medusa yang dulu. Jadi gini, dulu itu medusa merupakan dewi yang sangat cantik tapi akhirnya dia di kutuk karena telah melakukan perbuatan keji. well, kalo di sambungin emang lagu Medusa I sama Medusa II agak ada hubunganya lah. mereka sama-sama ingin menuju ke sinar terang/si cewe itu biar apapun yang terjadi. sedangkan perbedaannya adalah di Medusa I, cewe lebih di ceritakan ke anggunannya, tentang seberapa 'bersinarnya' sedangkan Medusa II lebih ke cerita kalo emang si cewe ini berbahaya, bahaya cantiknya. kayaknya. #CMIIW. oh ya, lirik lagu ini di tulis oleh Jo Yun Kyeong dan Jonghyun lho~

16. Like A Fire: salah satu lagu fav gue di chapter 2, liriknya sih simple, bercerita tentang cinta yang membara seperti api. hal yang bikin gue suka sama lagu ini itu bagian reffnya, dimana mereka nyayi dengan cepat.. well, sadar gak sadar di lagu ini gak ada part rappnya lho.__.

17. Excuse Me Miss: dan ini dia lagu paling kocak menurut gue. masa iya instrumentalnya suara air yang kejatuhan benda terus bunyi 'cplung' gitu deh haha. Lagu ini cerita tentang curhatan cowo ke orang tapi dia berlaku dengan sopan, jadi tiap kali mau ngungkapin sesuatu dia selalu ngomong excuse me miss, bla bla bla. curhatannya itu tentang perasaan gilanya tentang cinta ke cewe itu. kurang lebih sih gitu

18. Evil: Lagu yang penulis liriknya sampe 4 orang ini emang asik sih lagunya, salah satu lagu fav gue. gue suka intronya yang punya beat naik turun, terus gue juga suka pas bagian reffnya, tiap gue dengerin reffnya evil pikiran gue langsung kesambung ke lagu lucifer. Lagu ini menurut gue intinya hampir mirip kayak lucifer, bercerita tentang keganasan cinta. di lagu evil ini, cinta itu di ceritakan dengan sudut pandang kalo cinta itu bisa bikin tertekan gitu deh. itu sebabnya kenapa lagu ini di kasih judul evil.
19. 떠나지 못해 (Can't Leave)/Sleepless Night: salah satu lagu spesial kalo menurut gue, karena ini adalah lagu yang di tulis oleh kakak senior, max Changmin di tambah si Minho juga. Lagu yang bercerita tentang cowo yang abis putus dan gak bisa move on. Gue suka banget pas Jonghyun teriak-teriak di lagu ini. penghayatannya itu lho. Lagu ini adalah lagu yang durasinya paling panjang di chapter ke 2 ini. Lagu ini sempet bocorin dulu di loen tv lho. di nyanyiin live sama mereka..

20. 버리고 가 (Better Off): dan... ini dia lagu dari album repackage sekaligus lagu penutup dari perjalanan panjang kita(?) Lagu ini juga di tulis sama Jonghyun. Lagu ini tentang perasa'an acak-acakan sekaligus galau dari seseorang yang baru aja putus. Lagunya lumayan lah bisa buat pengantar tidur gitu deh.

---
intinya adalah................. lagu dari album ke 3 SHINee ini emang kece-kece semua. kalian nyari lagu mellow sampe lagu yang upbeat ada semua. Dan di album ke 3 ini, kita bisa lihat kemampuan vokal taemin makin meningkat, kehebatan jonghyun buat nulis lagu makin kelihatan juga.. pokoknya semua naik. semua lagu di album ini emang gila banget. pas buat nge deskripsikan the misconceptions of us.. oh ya misconceptions sendiri artinya salah paham. jadinya bisa di artikan kalo lagu-lagu di album ini itu buat ngasih tau tentang kesalah pahaman dan kegilaan yang selalu nonggol tiap jatuh cinta sampe putus..

Nahhh setelah ngedengerin semua lagu sampe kuping panas, lagu-lagu kesukaan gue di album ini itu: Aside, Selene 6.23, SHINe, Like A Fire. Sebenernya Dream Girl sama Why So Serious juga cuma gue agak bosen soalnya ini lagu promosi, jadi di nyanyiin terus.-.
well, apa lagu kesukaan kalian? share yuk~ ;D

4 komentar:

  1. Kalau shinee ini taunya cuma ring ding dong sama sherlock doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa, yang penting tau shinee._.

      Hapus
  2. interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

    BalasHapus
  3. d TMOU ane suka Selene 6.23 #so pasti dong
    trus.. Dynamite, Aside, sleepless night, beautiful, Runaway sama Girls girls girls. sbnrnya dream girl sma WSS jg suka, tp yaa kta agan di atas, krna faktor bosen kali yaa :p hehehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Farixsantips