Rabu, 17 Juni 2015

[review] komik shibao

Jujur, pengetahuan gue tentang komik sangat-sangat minim. Komik yang gue ikutin itu cuma komik ninjanya Masashi Kishimoto sama Miikonya Ono Eriko. Udah itu aja.... sedangkan komik kayak One Piece, Slam Dunk dan sebagainya itu, gue ga pernah baca. Sama sekali... cuma tau sekilas doang kayak One Piece itu tentang petualangan gitu kan ya terus Slam Dunk tentang basket-basket gitu. Udah gitu doang... 
Oke gue emang cupu di dunia komik.

Tapi gue jadi inget, gue dulu bener-bener kalap sama Naruto. Jadi dulu pas SMP, gue minta anterin ke toko buku dengan alasan "mau nyari buku x" dan buku itu emang buku buat persiapan unas. Ya pertamanya sih gue emang niat nyari buku x. Gue bener-bener nyari, gue liatin satu persatu buku yang ada di raknya. Eh emang gak ada. Ya udah, terus gue iseng pergi ke tempatnya komik gitu.
Ehh ga taunya gue kalap beli naruto....
Alhasil pas pulang gue kena omelan-____- untung aja tuh komik ga dibakar sama orang-orang di rumah... untung.
---

Shibao
Oleh: Tsubasa Nunoura
Cetakan pertama pada 2001 di Jepang oleh Kodansha Ltd., Tokyo.
Cetakan pertama pada 2003 di Indonesia oleh PT Gramedia, Jakarta.
Harga: Rp9.500


Shibao adalah komik yang menceritakan tentang perjalanan anjing kecil yang namanya emang 'shibao'. Jadi di tiap chapter kita bakalan ketemu cerita yang beda. Ada cerita yang membahagiakan, menyemangati, mengharukan, dan masih banyak lagi. Entah kenapa, menurut gue komik ini pesannya itu "ngenah" banget. Pas gitu.
Contoh aja nih, Shibao pernah nemuin anak-anak anjing kecil di deket sungai. Dan dengan baik hati dia membawa anak anjing itu ke depan toko milik seorang nenek (kebetulan tokonya ada disebrang tempat shibao nemuin anak anjing itu). Dengan harapan ada yang mau mengadopsi anak anjing itu. Dan benar aja, satu persatu orang dateng terus mengadopsi anak-anak anjing itu, dan akhirnya tinggal 1 anak anjing. Pertamannya, si nenek mah cuek aja ga peduli. Tapi lama-lama si nenek sadar akan satu hal dan akhirnya dia mengadopsi anak anjing itu. Penasaran apa alesan nenek itu mau ngadopsi tuh anjing? baca dong komiknya:p
Dan yaaaa entah ini guenya yang cengeng atau gimana, tapi gue pernah nangis waktu baca salah satu chapter komik ini.... soalnya ngenah banget. Gue semacam hanyut kedalam cerita. 
Duh bahasa gue-____-



Dan hal yang gue suka juga dari komik ini adalah, pengarangnya juga bikin semua hal seakan-akan bisa ngomong. Jadi kita semacam jadi ngerti kalo tumbuhan itu ngomong ini atau kucing ngomong itu. hueheuehe~
Tapi gue kadang masih heran-heran sendiri, Shibao kalo berpetualang kan jauh, kok bisa pulang ya. Ga tersesat gitu. Dia juga bisa naik kereta padahal bukannya ketat ya pemeriksaan stasiun... ah sudahlah, ga perlu di permasalahkan juga. Toh ini juga cuma komik. Ga perlu mirip seperti kehidupan asli. Oh ya, kadang-kadang Shibao ini ketemu sama arwah-arwah gitu lho, untungnya arwah itu baik~. Dia pernah dikasih makan sama penjual makanan, dan di akhir cerita terungkap ternyata penjualnya sudah meninggal. yailah.
Oh ya, ada satu hal yang gue sayangin banget dari komik ini...  
komik ini....
CUMA SAMPAI VOL. 6. 
KURANG WOI! 
YAILAH....

tapi aku mah apa atuh, mau protes juga ga ngefek(':

---

Ya itu aja sih ulasan gue buat komik Shibao.
Buat komik ini gue ngasih
5/5!
Perfect score! 
Gue suka ceritanya! 
Walaupun kadang ada yang ga masuk akal tapi gapapalah namanya juga komik, kalo semuanya masuk akal, entar ga lucu dong...

Btw ada yg mau ngerekomendasiin komik bagus kyk shibao gak?:D

10 komentar:

  1. Nanti kalo pulang Indo gua coba cari deh komiknya di taman bacaan, hehehe. Gua suka nih komik yg ceritanya tentang binatang, dulu juga ngefans sama Sentaro hehehe

    BalasHapus
  2. Wah suka komik ya, kalo aku sih lebih suka yang udah jadinya, anime maksudku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. anime juga asik tapi kalo aku lebih suka ke komik sih :D

      Hapus
  3. Menarik nih, menarik...tapi kentang ga sih ceritanya cuma sampe vol.6 gitu?

    BalasHapus
  4. mau beliii, soalnya kalo komik lebih suka yang action gitu, tapi kayaknya seru juga ceritanya~

    BalasHapus
  5. Waahh.. Shibaaoo!! Kayaknya aku pernah baca deh dulu? Lupa2 inget sihh.. Itu jg kayaknya minjem punya orang deh wkwk.. Ceritanya emg seru, mengharukan :')

    Aku jg suka miiko dong :D *siapa yg nanya*

    Mau rekomendasi komik bagus? Aku saranin sih baca kimi ni todoke, seru, kocak, tentang persabatan dan percintaan jg.. Wajib baca! :D klo aku sih baca komik yg gratisan di mangahere.. Huehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cie samaan suka miiko( 'o')/
      waaaah aku juga suka baca online tapi kadang kalo ada uang, lebih milih buat beli. itung-itung nambah koleksi buku+ngasih sesuap sushi ke pengarangnya :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Farixsantips